Telinga Berdenging dan Kebisingan

Beberapa hari yang lalu seorang pekerja di pabrik klien saya datang ke klinik dan mengeluhkan telinganya sudah 1 bulan terakhir berdenging. Dari hasil medical check up terakhir tampak adanya penurunan tingkat pendengaran dan dari hasil anamnesa (wawancara) ybs bekerja di area bising dan tidak pernah mengenakan alat pelindung telinga. Apakah ada hubungan kebisingan dengan telinga berdenging ? Ternyata hubungannya erat sekali..

Telinga berdenging dalam istilah kedokteran disebut dengan Tinnitus merupakan gangguan pendengaran dimana telinga terasa berdenging atau terdengar sura grebek2, kresek2 yang mengganggu, terutama saat hening.Salah satu penyebab tinnitus adalah kebisingan. Apa itu bising ? Tidak ada definisi baku bising. Ada yang mengatakan bising adalah suara yang tidak menyenangkan atau suara yang keras. Untuk memastikan tingkat Kebisingan bisa diukur dengan menggunakan alat Sound Level Meter dan NAB (Nilai Ambang Batas) nya adalah 85dB untuk 8 jam pajanan per hari. Artinya lebih dari 85 dB sudah bisa dikategorikan sebagai bising.

Nah, bagaimana bising bisa menyebabkan tinnitus ? Sistem pendengaran kita bekerja dengan cara daun telinga menangkap suara, diteruskan melalui lubang telinga dan akan menggetarkan gendang telinga, getaran di gendang telinga akan menggerakkan tulang-tulang pendengaran ditelinga tengah, gerakan tulang-tulang pendengaran akan menggetarkan rumah siput (cochlea) yang didalamnya terdapa sel-sel rambut yang bertugas mengantarkan

cy no prescription

dminus.com

gelombang suara menuju ke saraf pendengaran.  Jika  telinga kita menerima kebisingan lebih dari 85dB selama berjam-jam

maka sel-sel rambut yang berada didalam cochlea akan mengalami perlengketan yang akan pulih kembali setelah 12 jam tanpa pajanan bising. Tetapi jika pajanan bising terjadi berulang-ulang setiap hari maka sel-sel rambut akan mengalami kerusakan dan tidak bisa tumbuh kembali. Kerusakan pada sel rambut tersebut akan menyebabkan seseorang mengalami gangguan pendengaran, dimulai dengan telinga berdenging dan diikuti dengan penurunan tingkat pendengaran. Jadi jika telinga anda berdenging dan sehari-hari bekerja dilingkungan kerja yang bising atau sering mendengarkan musik menggunakan earphone dengan suara keras atau anda pemain band dengan sound system yang kerasss kemungkinan telinga anda mulai terjadi gangguan pendengaran. Segeralah periksa ke dokter THT dan segera lindungi pendengara anda. Telinga berdenging bukan berarti anda sedang diomongin orang ya…:)

Saat ini diseluruh dunia gangguan pendengaran karena kebisingan menempati urutan pertama penyakit akibat

kerja. Kabar buruknya gangguan pendengaran karena kebisingan¬† tidak bisa disembuhkan, tetapi kabar baiknya 100% bisa dicegah melalui program KONSERVASI PENDENGARAN. Yuk lindungi pendnegaran kita…

zp8497586rq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *